PENGARUH KETRAMPILAN GURU MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGAPLIKASIKAN KETRAMPILAN DASAR KOMUNIKASI DI SMK PAB 2 HELVETIA TAHUN AJARAN 2011/2012

Hafni, Yulia (2012) PENGARUH KETRAMPILAN GURU MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGAPLIKASIKAN KETRAMPILAN DASAR KOMUNIKASI DI SMK PAB 2 HELVETIA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071277110134 Cover.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110134 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110134 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110134 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110134 Abstrak.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110134 Bab I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110134 Bab V.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110134 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara ketrampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran komunikasi Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK PAB 2 Helvetia Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketrampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa.Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia. Yang beralamat di Jl. Veteran pasar IV Helvetia Kec. Labuhan Deli, Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PAB 2 Helvetia yang berjumlah 160 orang dengan sampel yang diambil sebanyak 48 orang siswaHipotesis dalam penelitian ini di uji dengan analisis product moment dengan hasil rhitung sebesar 0,532 sedangkan rtabel sebesar 0,254. Hal ini berarti rhitung > rtabel sedangkan untuk menguji signifikan dihitung dengan uji t dengan thitung sebesar 5,601 dengan ttabel sebesar 1,688. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel maka hipotesis menunjukkan ada pengaruh ketrampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa.Untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X terhadap Y digunakan rumusa regresi linear sederhana dengan menggunakan koefisien regresi konstanta a dan b sehingga Y = 57,98 + 0,213x. Selanjutnya untuk menghitung besarnya kontribusi variabel X terhadap variabel Y digunakan rumus determinasi sehingga diperoleh r2 = 0,284. Ini berarti bahwa kontribusi ketrampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 28,4% sedangkan sisanya 71,6% dipengaruhi variabel lain.Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara ketrampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa di kelas XI SMK PAB 2 Helvetia Tahun Ajaran 2011/2012

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinaga, Mangarap195208151980111001
Call Number: 650.071 Haf p
Keywords: Ketrampilan Mengajar; Prestasi Belajar; dan pengaplikasian Ketrampilan Dasar Komunikasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13101

Actions (login required)

View Item View Item