PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA TANJUNG MORAWA TAHUN

Panjaitan, Rinaldy (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA TANJUNG MORAWA TAHUN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 709341116 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 709341116 COVER.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 2. 709341116 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 709341116 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[thumbnail of 3. 709341116 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. 709341116 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 4. 709341116 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 709341116 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of 5. 709341116 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 709341116 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of 6. 709341116 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 709341116 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 7. 709341116 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 709341116 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 8. 709341116 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. 709341116 BAB I.pdf - Published Version

Download (956kB) | Preview
[thumbnail of 12. 709341116 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. 709341116 BAB V.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 13. 709341116 DAFTAR PUSTAKA..pdf]
Preview
Text
13. 709341116 DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Dwi Tunggal Tanjung Morawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Creative Problem Solving dengan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) di kelas XII IPS SMA Swasta Dwi Tunggal Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Dwi Tunggal Tanjung Morawa yang beralamat di jalan Medan Tanjung Morawa Km 14,5. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 22 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Creative Problem Solving dengan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Teknik analsis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 54,54% (12 siswa) memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 73,64, akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh hasil belajar yaitu 86,36% (19 siswa) memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 86,59 yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan dan telah memenuhi kriteria KKM ≥75. sehingga penelitian berhenti di siklus II. Begitu juga dari lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 36,37%. Pada siklus I diperoleh hasil 45,45% siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus II diperoleh hasil 81,82% siswa masuk dalam kategori aktif telah memenuhi kriteria skor ≥ 23 atau 71,87%. Berdasarkan uji signifikan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siklus I dan siklus II dimana thitung= 9,96 ttabel=2,07.Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Creative Problem Solving dengan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Dwi Tunggal Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan kompetensi dasar Mencatat transaksi/dokumen kedalam jurnal khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 2/pan/p
Keywords: MODEL PELAJARAN;CREATIV PROBLEM SOLUING; SAVI;AKTIVITAS;HASIL BELJAR;AKUNTANSI.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 12 Oct 2016 03:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13061

Actions (login required)

View Item
View Item