PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BEKERJA SAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Surwati, Lily (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BEKERJA SAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 709341071 JUDUL .pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 709341071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 709341071 KATA PENGANTAR .pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 709341071 ISI .pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 709341071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 709341071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 709341071 DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 709341071 ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 709341071 BAB I.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 709341071 BAB V .pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 709341071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari strategi pembelajaran Mastery Learning terhadap hasil belajar bekerja sama dengan kolega dan pelanggan siswa kelas X SMK negeri 7 di Jalan STM No. 12 E Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 134 siswa yang terdiri dari empat kelas.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan strategi pembelajaran Mastery Learning (32 orang siswa) dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensial (32 orang siswa). Sehingga terdapat 64 orang siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 10 item soal.Dari hasil analisis data yang diperoleh, nilai rata-rata pretes siswa kelas eksperimen = 64,37 dengan Standar Deviasi = 13,89 dan nilai rata-rata post test siswa setelah menggunakan strategi Mastery Learning = 79,68 dengan standar Deviasi = 9,99. Sedangkan nilai rata-rata pretes siswa kelas kontrol = 60,62 dengan standar Deviasi = 13,18 dan nilai post test siswa = 70 dengan standar dengan standar Deviasi 13,19. Dari analisis data diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung< Ltabel)dan homogen (Fhitung< Ftabel). Pengujian hipotesis dalm penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung> ttabel (11,3 > 1,669), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05% dengan dk = n + n – 2.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahawa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi pembelajaran Mastery Learning terhadap hasil Belajar Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHafnizar, Syarifah19490505 198103 2 001
Call Number: 651.071 9 Suw p
Keywords: Strategi pembelajaran; Mastering learning; Konvensional; Hasil belajar; Kolega dan pelanggan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13039

Actions (login required)

View Item View Item