PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA YPI DHARMA BUDI TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

Adjie, Septia Damayanti (2012) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA YPI DHARMA BUDI TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114252 Cover.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114252 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114252 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114252 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114252 Abstrak.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114252 Bab I.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114252 Bab V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114252 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta YPI Dharma Budi tahun pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta YPI Dharma Budi tahun pembelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta YPI Dharma Budi tahun pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 70 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling, dimana sampelnya terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPS-1 dan XI IPS-2 yang masing-masing berjumlah 35 orang siswa. Kelas XI IPS-1 diajar dengan metode resitasi dan kelas XI IPS-2 diajar dengan metode konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah test essay sebanyak 5 soal yang dikutip penulis dari buku teks siswa yang dianggap sudah baku, sehingga validitas dan rehabilitasnya telah teruji. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dari hasil data yang diperoleh nilai mean tes hasil belajar siswa kelas eksperimen 65,857 dengan standar deviasi 8,44 dan nilai mean kelas kontrol 60,143 dengan standar deviasi 8,87. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan dk (n1 + n2 - 2) pada α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung = 2,697 dan ttabel = 1,668. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,697 > 1,668 dengan kata lain Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta YPI Dharma Budi tahun pembelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNugrahadi, Eko Wahyu196407031991031002
Call Number: 657.071 Adj p
Keywords: Metode Pembelajaran Resitasi; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13014

Actions (login required)

View Item View Item