PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 3 SMK PRAYATNA-1 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Simanjuntak, Serli Hanna Lestari Galatia (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 3 SMK PRAYATNA-1 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114253 Cover.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114253 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114253 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114253 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114253 Abstrak.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114253 Bab I.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114253 Bab V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114253 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak-3 SMK Prayatna-1 Medan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak-3 SMK Prayatna-1 Medan TP. 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Prayatna-1 Medan yang berlokasi di Jln. Letda Sudjono No.403. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ak-3 dengan jumlah 41 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan test untuk melihat hasil belajar siswa. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data dan penyajian data. Dari analisis diperoleh data test awal dengan nilai rata-rata 44,14. Dan hasil belajar siklus I dengan nilai rata-rata 62,20 dalam hal ini ada peningkatan hasil belajar dari test awal ke hasil belajar siklus I sebesar 18,06. Sedangkan hasil belajar siklus II dengan nilai rata-rata 80,49 berarti ada peningkatan sebesar 18, 29 poin. Dari hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan pada siklus I terdapat 3 orang (7,32%) dikatakan kurang baik aktivitasnya, 36 orang (87,80%) cukup baik aktivitasnya, dan hanya 2 orang (4,88%) yang baik aktivitasnya. Pada siklus II, data hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan yang lebih baik. Dimana persentase kategori aktivitas kurang baik menurun menjadi 0%, cukup baik menurun menjadi 19,51%, aktivitas dengan kategori baik meningkat menjadi 78,05% dan kategori sangat baik menjadi 2,44%. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel (5,66>1,99). Ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara hasil belajar pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer pada Kompetensi Menyelesaikan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang di kelas X Ak-3 SMK Prayatna-1 Medan TP. 2011/2012 terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAne, La196212311991031023
Call Number: 657.071 Sim p
Keywords: Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining; strategi Giving Question and Getting Answer; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13010

Actions (login required)

View Item View Item