PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BEACH BALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS DI SMA NEGERI 16 MEDAN T.A 2012/2013

Nurhayati S., Nurhayati S. (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BEACH BALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS DI SMA NEGERI 16 MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709641015 Cover.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709641015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709641015 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709641015 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709641015 Abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709641015 Bab I.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709641015 Bab V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709641015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya moivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa serta perbedaan antara siklus I dan siklus II melalui penerapan model pembelajaran STAD dengan Strategi pembelajaran Beach Ball di kelas XII IS DI SMA Negeri 16 Medan tahun ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilsksanakan di SMA Negeri 16 Medan yang beralamat di Jl. Kapten Rahmat Buddin Medan Marelan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IS2 dengan jumlah siswa 38 orang. Objek Penelitian ini adalah model pembelajaran STAD dengan strategi pembelajaran Beach Ball. Jenis penelitan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri atas dua siklus masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu 1)perencanaan, 2)pelaksanaan tindakan, 3)pengamatan, dan 4)refleksi. Adapun teknik pengumpulan data adalah angket untuk menilai motivasi belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data dan penyajian data.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh skor motivasi belajar siswa yang mencapai kriteria termotivasi sebanyak 2 orang (5,26%), Sedangkan pada siklus II sebanyak 14 orang (36,84%), menunjukkan terjadi peningkatan motivasi belajar sebesar 31,58% dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I adalah 20 orang (52,63%) dengan nilai rata-rata 69,131. Pada siklus II ketuntasan secara klasikal adalah 31 orang (81,58%) dengan nilai rata-rata 75,526, ini menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebanyak 11 orang (28,95%). Hal ini menunjukkan bahwa pada sklus II telah diperoleh ketuntasan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Dan adanya perbedaan yang signifikan antara siklus I dan siklus II dengan diperoleh nilai thitung 3,792 > ttabel 1,996.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dengan strategi pembelajaran Beach Ball dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII SMA Negeri 16 Medan T.A 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032001
Call Number: 657.071 Nur p
Keywords: Model pembelajaran STAD; Strategi Pembelajaran Beach Ball; Motivasi; hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13000

Actions (login required)

View Item View Item