PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS 2 SMA NEGERI 3 TEBING TINGGI T.A 2012/2013

Harahap, Vina Miranda Sari (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS 2 SMA NEGERI 3 TEBING TINGGI T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310168 COVER.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310168 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310168 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310168 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0708310168 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310168 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310168 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310168 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310168 BAB I.pdf - Published Version

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310168 BAB V.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310168 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Pair Checks dengan strategi Firing Line dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS 2 di SMA Negeri 3 Tebing Tinggi T.A 2012/2013.Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Tebing Tinggi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS 2 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan test untuk melihat hasil belajar dan angket untuk melihat motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan uji korelasi antara motivasi dengan hasil belajar. Dari data hasil angket mengenai motivasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan motivasi dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 7 siswa (23,33%) untuk kriteria motivasi sedang, 23 siswa (76,67%) untuk kriteria motivasi rendah. Sedangkan pada siklus II diperoleh 25 siswa (83,33%) untuk kriteria motivasi tinggi, 5 siswa (16,67%) untuk kriteria motivasi sedang. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa diperoleh bahwa nilai rata-rata pre test, sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah 64,67 dimana 8 siswa (26,67%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah diadakannya tindakan siklus I nilai rata-rata adalah 78,33 dengan 12 siswa (40%) yang telah mencapai KKM, dan setelah diadakannya tindakan siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 82,67 dengan 24 Siswa (80%) yang memenuhi ketuntasan. Dan dari hasil uji korelasi antara motivasi (X) dan hasil belajar (Y), diperoleh rxy = 0,859 Yang menunjukkan hubungan yang positif, artinya jika motivasi belajar siswa tinggi, maka hasil belajarnya juga tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Pair Checks dengan strategi Firing Line di kelas XII IS 2 SMA Negeri 3 Tebing Tinggi T.A 2012/2013 dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran Pair Checks dengan strategi Firing Line dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRuslan, Dede196507041990031002
Call Number: 657.071 Har p
Keywords: Model Pembelajaran Pair Checks Dengan Strategi Firing Line; Motivasi Belajar; Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12969

Actions (login required)

View Item View Item