PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PENDEKATAN DIRECT INSTRUCTION

Purba, Abdinisura (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PENDEKATAN DIRECT INSTRUCTION. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 06 (02). pp. 41-51. ISSN 1979-6684

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan guru menerapkan teori belajar konstruktivisme. Metode yang digunakan adalah melalui supervisi akademik pendekatan direct instruction yang dilaksanakan dengan empat tahapan, yaitu: review, presentasi, latihan terbimbing dan latihan mandiri. Penelitian dilaksanakan di SMKN 1 Merdeka selama dua bulan yaitu bulan Januari s.d Februari 2014. Hasil analisis data kemampuan rata-rata guru pada siklus I: hasil tes sebesar 72,04; membuat RPP sebesar 74,89 dan menerapkan pembelajaran konstruktivisme sebesar 70,36. Sedangkan hasil analisis data kemampuan rata-rata guru pada siklus II: hasil tes sebesar 87,78; membuat RPP sebesar 89,11 dan menerapkan pembelajaran konstruktivisme sebesar 86,66. Nilai rata-rata kemampuan guru meningkat dari siklus I sampai siklus II. Disarankan kepada pengawas sekolah dapat memilih alternatif solusi melaksanakan supervisi akademik yaitu dengan melakukan pendekatan direct instruction; kepada kepala sekolah hendaknya berupaya untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar; kepada guru Elektronika bahwa menerapkan strategi belajar konstruktivisme sebagai salah satu alternatif solusi terhadap pembelajaran yang berpusat kepada siswa; hasil penelitian tindakan sekolah ini perlu ditingkatkan dan disempurnakan pada penelitian selanjutnya.

Item Type: Article
Keywords: Konstruktivisme; Supervisi akademik; Direct instruction; Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Feb 2017 08:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1292

Actions (login required)

View Item View Item