PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 10 MEDAN T.P. 2011/2012

Christianto, Johannes Rizky (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 10 MEDAN T.P. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114176 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114176 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114176 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114176 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114176 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114176 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114176 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114176 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114176 BAB I.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114176 BAB V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114176 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 10 Medan melalui kolaborasi Model Pembelajaran Number Head Together dengan Model Pembelajaran Think Pair And Share serta untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara siklus I dan siklus II. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Medan yang beralamat di Jl. Tilak No. 108 Medan tahun pembelajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS2 yang berjumlah 38 orang. Objek penelitian ini adalah Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa melalui Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Number Head Together dengan Think Pair And Share. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus yang mana masing-masing siklus terdiri atas 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan dan 4) Refleksi. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes yang digunakan adalah essay test. Angket pada penelitian ini digunakan untuk mengukur motivasi belajar akuntansi siswa. Teknik analsis data yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penyimpulan data.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh peningkatan persentase motivasi siswa pada siklus I hanya 47,37% menjadi 92,11% pada siklus II, yang berarti persentase motivasi meningkat sebesar 44,74%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 38 siswa hanya 20 (52.63%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 34 siswa (89,47%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai 65. Dan adanya perbedaan yang signifikan antara siklus I dan siklus II dengan diperoleh nilai thitung 4,30 > ttabel1,985. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Kolaborasi Model pembelajaran Number Head Together dengan Model Pembelajaran Think Pair And Share pada standar kompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa pada materi jurnal penyesuaian di kelas XI IPS2 SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012 dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032001
Call Number: 657.071 Chr p
Keywords: Hasil Belajar; Kolaborasi Model pembelajaran Number Head Together dengan Model Pembelajaran Think Pair And Share
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12868

Actions (login required)

View Item View Item