PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK PENGAJARAN LAJU REAKSI

Naibaho, Fenny Ratna Sari (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK PENGAJARAN LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4113131023 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4113131023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4113131023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4113131023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4113131023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4113131023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4113131023 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4113131023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4113131023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 4113131023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4113131023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan ajar inovatif melalui integrasi multimedia dan metode pembelajaran pada pengajaran laju reaksi dijelaskan dalam skripsi ini. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengembangkan dan menstandarisasi bahan ajar laju reaksi yang didukung mutimedia yang disatukan dalam bentuk buku elektronik yang membantu mahasiswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu (1) menganalisis materi ajar untuk pokok bahasan Laju Reaksi dari enam buku Kimia Universitas, (2) mengembangkan bahan ajar dengan membuat inovasi pembelajaran melalui pengintegrasian multimedia, (3) Standarisasi bahan ajar dengan menggunakan angket standar BNSP dan (4) perbaikan dan penyempurnaan bahan ajar. Bahan ajar yang telah dibuat distandarisasi dengan menggunakan angket yang sesuai standar isi BNSP. Kepada masing-masing responden diberikan satu set bahan ajar hasil pengembangan. Hasil standarisasi dengan responden empat orang dosen diperoleh rata-rata 3,23 dan dari responden mahasiswa diperoleh penilaian ratarata 3,36. Secara keseluruhan total rata – rata penilaian responden yaitu 3,295 yang berarti bahan ajar yang dibuat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran Kimia Umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Manihar196008041986011001
Call Number: SK-2015 KIM
Keywords: Pembelajaran; Inovasi; Multimedia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD625 Radiation chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Aug 2016 07:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12742

Actions (login required)

View Item View Item