PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DI SD NEGERI 050715 TANJUNG BERINGIN T.A 2015/2016

Kirana, Thohap Gayatri Puspa (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DI SD NEGERI 050715 TANJUNG BERINGIN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM.409311056 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM.409311056 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM.409311056 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM.409311056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM.409311056 ABSTRAC.pdf]
Preview
Text
3.NIM.409311056 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM.409311056 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM.409311056 PREFACE.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM.409311056 TABLE OF COUNTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM.409311056 TABLE OF COUNTENT.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM.409311056 TABLE OF ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6.NIM.409311056 TABLE OF ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM.409311056 TABLES.pdf]
Preview
Text
7.NIM.409311056 TABLES.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM.409311056 TABLE OF GRAFIK.pdf]
Preview
Text
8.NIM.409311056 TABLE OF GRAFIK.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM.409311056 APENDIX.pdf]
Preview
Text
9.NIM.409311056 APENDIX.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 10.NIM.409311056 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10.NIM.409311056 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM.409311056 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14.NIM.409311056 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 15.NIM.409311056 BILBIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15.NIM.409311056 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam
mengerjakan soal-soal pada materi Operasi Hitung Pecahan dengan menerapkan
model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 050715 Tanjung
Beringin yang berjumlah 40 siswa. Objek Penelitian adalah meningkatkan hasil
belajar siswa melalui model pembelajaran Make-A Match pada materi operasi
hitung pecahan di SD Negeri 050715 Tanjung Beringin T.A 2015/2016.
Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan wawancara. Prosedur
dari penelitian ini terdiri atas 2 siklus, yakni pada siklus I terdiri dari 2 kali
pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan.
Tes yang diberikan berbentuk uraian . Pemberian tes diberikan sebanyak 3
(tiga) kali, yaitu tes awal (sebelum tindakan), tes hasil belajar I yang dilakukan
pada akhir siklus I dan tes hasil belajar II yang dilakukan pada akhir siklus II.
Sebelum tes diberikan terlebih dahulu peneliti memvalidkan berdasarkan
pendapat para ahli sebagai validator. Dari hasil tes kemampuan awal siswa kelas
V belum dapat dikatakan tuntas karena persentase ketuntasan klasikalnya belum
mencapai 85%. Hal ini dilihat dari 40 siswa hanya 13 orang (33%) yang tuntas
sedangkan 27 siswa lainnya belum tuntas dengan nilai ( kkm ≥ 75) rata-rata kelas
pada tes awal adalah 52,2.
Setelah tindakan siklus I dengan menggunakan model Make A Match,
terdapat 29 dari 40 siswa mencapai ketuntasan belajar sedangkan 11 siswa lainnya
belum tuntas dengan rata-rata kelas 74,63 dan persentase ketuntasan klasikal
72,5%. Selanjutnya, setelah tindakan siklus II dengan menggunakan metode yang
sama yaitu Make A Match, terdapat 35 dari 40 siswa mencapai ketuntasan belajar
sedangkan 5 siswa lainnya belum tuntas dengan rata-rata kelas 83,4 dan
persentase ketuntasan klasikal 87,5%. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar
klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar klasikal.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa dengan metode inkuiri
dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 050715 Tanjung
Beringin T.A. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 094
Keywords: Pecahan;Hasil Belajar; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Aug 2016 08:24
Last Modified: 15 Aug 2016 08:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12706

Actions (login required)

View Item
View Item