PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS VIDEO TERHADAP METAKOGNISIS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA

Simanjuntak, Mariati Purnama (2014) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS VIDEO TERHADAP METAKOGNISIS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA. Jurnal Pendidikan Fisika, 03 (01). 08-15. ISSN 2252-732X

[img]
Preview
Text
Pengembangan model pembelajaran problem solving berbasis video terhadap metakognisis dan pemahaman konsep fisika.pdf - Published Version

Download (964kB) | Preview

Abstract

Dikembangkan model pembelajaran fisika berbasis masalah. Model ini dikembangkan dengan menggunakan metode research & development (R&D). Model pembelajaran problem solving yang berhasil dikembangkan dengan fase-fase pembelajaran, yaitu mengorientasikan mahasiswa pada masalah mengorganisasi mahasiswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individu dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil penyelidikan; dan penguatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika di salah satu perguruan tinggi di Medan pada tahun akademik 2010/2011 yang terdiri dari 25 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam ujicoba terbatas adalah penelitian pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttiest control group design. Data metakognisi dikumpulkan dengan tes berbentuk uraian dan data pemahaman konsep dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan skor gain dinormalisasi N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan metakognisi dan pemahaman konsep pada topik kinematika dan dinamika dalam kategori sedang.

Item Type: Article
Keywords: Model Pembelajaran Problem Solving; Metakognisi; Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 01 Apr 2016 04:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1270

Actions (login required)

View Item View Item