PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG BERINGIN

Sianipar, Grestica V. (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113111037 COVER.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111037 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111037 BAB I.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111037 BAB V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh pembelajaran dengan metode inkuiri lebih baik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa daripada pembelajaran biasa (konvensional). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Beringin T.A. 2014/2015 yang terdiri dari 6 kelas dengan keseluruhan siswa kelas X sebanyak 239 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dari penelitian ini yaitu diambil dua kelas secara acak dan didapat kelas X MIPA-1 dengan 40 orang siswa dan X MIPA-3 dengan 39 orang siswa. Kelas X MIPA-1 dan X MIPA-3 merupakan kelas reguler (bukan kelas unggulan), dimana kemampuan siswa-siswi dari kedua kelas adalah sama. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan metode inkuiri sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen semu (Quasi-Experimental Design). Sebagai alat pengumpul data digunakan tes awal berupa tes PAM yang berisi 15 butir soal Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama dari 5 tahun terakhir yang berisi materi statistika dan post test berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis dalam bentuk uraian pada materi pokok statistika sebanyak 5 soal yang telah dinyatakan valid. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan uji chi-kuadrat dan homogenitas tes menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan, diperoleh bahwa hasil tes PAM kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian peneliti bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel yang juga merupakan prasyarat untuk analisis data dengan uji t. Dari hasil uji t rata-rata tes PAM diperoleh thitung = 0,297 dan ttabel = 1,9912 dengan α = 0,05 dan dk = 77. Diperoleh bahwa untuk kriteria pengujian terima H0 jika -1,9912 < thitung < 1,9912, untuk harga t lainnya H0 ditolak. thitung = 0,297 berada pada daerah penerimaan H0 maka H0 diterima dan H1 ditolak yang berarti bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata tes PAM siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian, setelah peneliti memberikan perlakuan berbeda kepada kedua kelas sampel, diperoleh nilai rata-rata post test kelas eksperimen 77,50 dan kelas kontrol 70,87. Setelah diuji normalitas dan homogenitasnya, dilakukan uji t lalu diperoleh thitung = 2,798 dan ttabel = 1,9912 dengan α = 0,05 dan dk = 77. Diketahui bahwa untuk kriteria pengujian tolak H0 jika thitung â

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMinarni, Ani196510101992032003
Call Number: SK-2015 MAT 174
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Metode Inkuiri; Pembelajaran Konvensional
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12626

Actions (login required)

View Item View Item