MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEGI EMPAT DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 22 MEDAN T.A 2014/2015

Hasibuan, Cyntia Virgonia (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEGI EMPAT DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 22 MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113311004 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311004 BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311004 BAB V.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segi empat di kelas VII SMP Negeri 22 Medan T.A 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 yang berjumlah 38 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan pembelajaran model kooperatif tipe Make A Match pada materi segi empat di SMP Negeri 22 Medan T.A 2014/2015. Instrumen penilaian pada penelitian ini adalah lembar observasi guru, wawancara, dan tes hasil belajar. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostik dan disetiap akhir siklus diberikan tes hasil belajar. Dari hasil analisis data tes diagnostik diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes diagnostik yaitu 13 dari 38 siswa atau 34,2 % dengan rata-rata kelas 53,7. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan pembelajaran dengan model kooperatif tipe Make A Match menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 22 dari 38 siswa atau 57,9 % dengan rata-rata kelas 69,2. Hasil analisis data pada siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 33 dari 38 siswa atau 86,8 % dengan rata-rata kelas 80,6. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi segi empat sehingga pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmry, Zul196007071987031002
Call Number: SK-2015 MAT 074
Keywords: Hasil Belajar, Make A Match
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12601

Actions (login required)

View Item View Item