PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAPPING DAN NHT TANPA MIND MAPPING PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA RK SERDANG MURNI LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Simbolon, Erna Nurliyanti (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAPPING DAN NHT TANPA MIND MAPPING PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA RK SERDANG MURNI LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113141025 COVER.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141025 BAB I.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141025 BAB V.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dikombinasikan dengan Mind Mapping dan NHT tanpa Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2014/2015.Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang diberi perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas, yang berjumlah 167 orang. Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas Xa dan kelas Xb, dengan jumlah anggota sampel masing-masing adalah 43 orang. Sampel ditentukan secara random sampling (secara acak). Untuk kelas Xa sebagai kelas eksperimen I yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dikombinasikan dengan Mind Mapping, sedangkan kelas Xb sebagai kelas eksperimen II yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT).Hasil penelitian menunjukkan bahwa terlihat adanya perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan dimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dikombinasikan dengan Mind Mapping sebesar 82,90 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Numbered Head Together (NHT) sebesar 77,44. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian tersebut dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan α=0,05, dimana thit > ttab (3,23 > 1,67), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dikombinasikan dengan Mind Mapping dan NHT tanpa Mind Mapping pada materi ekosistem di kelas X SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasairin, H. Ashar196306141990031002
Call Number: SK-2015 BIO 135
Keywords: hasil belajar; numbered head together; mind mapping; ekosistem
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12523

Actions (login required)

View Item View Item