PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DILENGKAPI DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI SISTEM KOLOID

Sari, Retno Kartika (2015) PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DILENGKAPI DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113131058 COVER.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131058 ASBTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131058 BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131058 BAB V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dilengkapi dengan media PowerPoint pada materi sistem koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik purposif, satu kelas sebagai kelas eksperimen I dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II. Pada kelas eksperimen I diberi pengajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dilengkapi dengan media PowerPoint dan pada kelas eksperimen II diberikan pengajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dilengkapi dengan media PowerPoint. Sebelum kedua kelas diberi perlakuan, pada kedua kelas tersebut diberi pretest untuk mengukur kemampuan awal siswa. Instrumen tes yang digunakan sebanyak 20 soal yang telah lulus uji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, distraktor dan dinyatakan reliabel dengan rhitung = 0,901 di mana rtabel = 0,312. Setelah kedua kelas diberi perlakuan, kemudian dilakukan post-test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, post-test dan gain pada kelas eksperimen I dan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan taraf signifikan 0,05 dan db = 66 diperoleh daerah kritis pada : t < - 1,998 dan t > 1,998 dengan thitung = -2,304 yang berarti harga thitung berada di daerah kritis, maka tolak Ho dan Ha diterima yaitu ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dilengkapi dengan media power point dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dilengkapi dengan media PowerPoint pada materi sistem koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan dengan rata-rata gain sebesar 74,23% pada model kooperatif tipe Jigsaw dan 80,29% pada model kooperatif tipe TGT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJuniar, Anna196006131988032001
Call Number: SK-2015 KIM 063
Keywords: Kooperatif Jigsaw; TGT; Peningkatan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12397

Actions (login required)

View Item View Item