STUDI PENDAHULUAN TERHADAP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS ARGUMENTASI ILMIAH MATA KULIAH FISIKA UMUM I DI KELAS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP

Simamora, Pintor and Rajagukguk, Juniastel and Manurung, Sondang R. (2013) STUDI PENDAHULUAN TERHADAP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS ARGUMENTASI ILMIAH MATA KULIAH FISIKA UMUM I DI KELAS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 19 (02). pp. 112-121. ISSN 0852-0151

[img] Text
Full Text, Cover.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Telah dilakukan penelitian berbasis pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menghasilakan pembelajaran berbasis argumentasi ilmiah pada mata kuliah fisika umum dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini adalah masih tahap awal (pendahuluan dan perencanaan) yaitu; studi literatur tentang karateristik pelaksanaan pembelajaran berbasis argument, wawancara dan diskusi pada beberapa pukar tentang perlunya pembelajaran berbasis terhadap argumentasi ilmiah. Selanjutnya dilakukan juga observasi terhadap aktifitas dan kegiatan argumentasi dosen dan mahasiswa pada beberapa perkuliahan fisika umum 1. Untuk mendukung data hasil penelitian, kepada mahasiswa disebar angket untuk mengetahui tanggapan mereka terhadap pembelajaran berbasis argumentasi ilmiah. Dari analisis data diperoleh bahwa pembelajaran argumentasi sangat disarankan oleh beberapa pakar sangat sebagai model altenatif dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah fisika umum1. Pengembangan pembelajaran argumentasi memelurkan karateristik standpoint atau starting point, perakuan terhadap tahapan scaffolding (tahap inisiasi, pengembangan dan tahap penguatan) dianaisis dengan sistem coding. Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa pembelajaran yang berlangsung belum berbasis argumentasi ilmiah, hal ini nampak dari kurangnya interaksi ilmiah antara dosen dengan mahasiswa maupun antara sesama mahasiswa. Sehingga berdampak pada rendahnya tanggapan ilmiah mahasiswa terhadapa masalah - masalah yang disampaikan dosen. Sedangkan mahasiswa sangat berharap pembelajaran dapat terlaksana dengan menggunakan metode argumentasi ilmiah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah diperlukan uji coba dan implementasi pembelajaran berbasis argumentasi ilmiah untuk memperoleh peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah Fisika Umum 1.

Item Type: Article
Keywords: Pembelajaran; Argumentasi Ilmiah; Inkuiri; Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item View Item