PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) INOVATIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA KONSEP MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

Sitompul, Sary Marchella Fristi (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) INOVATIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA KONSEP MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113131070 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131070 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131070 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131070 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131070 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131070 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131070 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131070 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131070 BAB I.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131070 BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131070 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan, menstandarisasi dan mengujicobakan LKS Kimia Inovatif serta mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan LKS Inovatif dengan yang menggunakan LKS Kimia yang sudah ada. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-Mia SMA Negeri 3 Medan, dimana guru bidang studi kimia dan dosen kimia berperan sebagai tim ahli atau validator. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan LKS Inovatif dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan LKS yang sudah ada. Ada dua jenis instrumen dalam penelitian ini yaitu angket BSNP untuk menstandarisasi LKS Inovatif dan 20 soal pilihan berganda yang telah divalidasi kepada validator ahli dan siswa dengan rhitung 1,80 > rtabel 0,312, yang disebut reliabel. Uji coba LKS Inovatif telah dilakukan, pemberian pretest, pengajaran dengan menggunakan LKS Inovatif sebagai media (di kelas eksperimen), dan penggunaan LKS kimia yang sudah ada (di kelas kontrol) serta kedua kelas telah diberikan posttest di akhir pembelajaran. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa untuk rata-rata pretest pada kedua kelas perlakuan adalah sama yakni 21,33, untuk rata-rata posttest pada kelas eksperimen 81,67 dan untuk kelas kontrol 70,83 serta untuk rata-rata gain pada kelas eksperimen 0,77 dan untuk kelas kontrol 0,63. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 77% sedangkan untuk kelas kontrol adalah 63%. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan penigkatan hasil belajar diantara kedua kelas perlakuan. Hasil uji statistik berdasarkan perhitungan uji hipotesis thitung 7,95 > ttabel 1,67, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS Inovatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Call Number: SK-2015 KIM 051
Keywords: Lembar Kerja Siswa Inovatif; Problem Based Learning; Elektrolit
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12385

Actions (login required)

View Item View Item