PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JINGSAW BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM NEWTON

Pohan, Destriana and Simamora, Pintor (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JINGSAW BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM NEWTON. Jurnal INPAFI, 02 (03). pp. 45-53. ISSN 2337-4624

[thumbnail of Full Text, Cover.pdf]
Preview
Text
Full Text, Cover.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigwan berbasis macromedia flash pada materi pokok hukum-hukum newton. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA Semester 1 SMA Negeri 1 Kisaran yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA sebagai kelas ekperimen dan kelas XI IPA sebagai kelas control. Selama proses pembelajaran, nilai rata-rata aktifitas belajar siswa adalah 69,16 dengan kategori nilai cukup aktif. Berdasarkan hasil uji dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tife jigwan berbasis macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum-hukum Newton.

Item Type: Article
Keywords: Model Kooperatif Tipe Jingsaw; Macromedia Flash; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 18 Apr 2016 06:23
Last Modified: 15 Aug 2016 09:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1236

Actions (login required)

View Item
View Item