PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) INOVATIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMBELAJARKAN KONSEP ASAM DAN BASA PADA SISWA SMA

Simanullang, Trisna Winarty (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) INOVATIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMBELAJARKAN KONSEP ASAM DAN BASA PADA SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113131078 COVER.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131078 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131078 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131078 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131078 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131078 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131078 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131078 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131078 BAB I.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131078 BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131078 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh Lembar Kerja Siswa yang telah memenuhi kriteria kelayakan penyajian standar BSNP, melalui uji coba terhadap hasil belajar kimia siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan Lembar Kerja Siswa Inovatif pada materi Asam dan Basa di kelas XI SMAN 3 Medan dan melalui persepsi dosen kimia sebagai validator ahli dan guru kimia dengan menggunakan angket BSNP. Berdasarkan uji coba terhadap hasil belajar diperoleh hasil belajar kimia siswa yang diajarkan menggunakan LKS kimia inovatif lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan LKS yang beredar, dimana peningkatannya sebesar 16,55%. Berdasarkan persepsi dosen kimia (sebagai validator ahli) dan guru kimia terhadap Lembar Kerja Siswa inovatif berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan atas materi Asam dan Basa adalah baik dilihat dari rata-rata rentang nilai validasi sebesar 3,65 dimana, rentang nilai rata-rata validasi berada pada kisaran 3,26-4,00 yang berarti bahwa LKS Inovatif berbasis PBL pada materi asam dan basa kelas XI sesuai kurikulum 2013 telah valid dan layak dipergunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Call Number: SK-2015 KIM 020
Keywords: PBL; Lembar Kerja Siswa Inovatif; Asam dan Basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12274

Actions (login required)

View Item View Item