PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 38 MEDAN

Saputri, Diah Ari (2015) PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 38 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103111019 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111019 BAB I.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111019 BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111019 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih baik daripada pendekatan konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan dalam materipecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalahseluruh kelas VIISMP N 38 Medan sebanyak 6 kelas.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling sederhana dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelas pertama disebut sebagai kelas eksperimen dan kelas kedua disebut sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 36 orang siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniadalah 5 soal tes uraian (essay test) dimana sebelum tes diujikan, terlebih dahulu tes tersebut diuji validitasnya oleh para ahli dan wawancara secara tidak formal oleh siswa. Tes diberikan sebanyak 2 kali yaitu tes awal sebelum diberikan pembelajaran dan tes akhir diberikan setelah pembelajaran di kedua kelas berakhir.Dari hasil pengolahan data diperoleh data selisih (postes-pretes) untuk kelas eksperimen rata-ratanya diperoleh 16,889 dan untuk data selisih (postes-pretes) kelas kontrol rata-ratanya diperoleh 9,972. Dari hasil perhitungan rata-rata data selisih kedua kelas, rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata kelas kontrol. Dengan demikian hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar kelas kontrol.Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan yaitu dengan mengggunakan uji t (uji satu pihak yaitu pihak kanan) dengan diperoleh (2,721) > (1,668). Hal ini menunjukkan bahwa berada di luar penerimaan H0¬ maka berdasarkan pengujian tersebut diperoleh bahwa H0 ditolak berarti Hiditerima sehingga dapat dinyatakan bahwa pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih baik daripada pendekatan konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan dalam materipecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyafari, -195409291989031001
Call Number: 513.260 71 Sap p
Keywords: pembelajaran matematika realistik; mtaematika konvensional; bilangan pecahan; ; pecahan desimal; operasi pada pecahan biasa; pembagian pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12215

Actions (login required)

View Item View Item