PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON KELAS X SMA ST.THOMAS 3 MEDAN T.P. 2013/2014

Mahulae, Parno S (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON KELAS X SMA ST.THOMAS 3 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4103121051 COVER.pdf]
Preview
Text
4103121051 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 4103121051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4103121051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4103121051 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4103121051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 4103121051 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4103121051 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 4103121051 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4103121051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 4103121051 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4103121051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 4103121051 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4103121051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4103121051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4103121051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 4103121051 BAB I.pdf]
Preview
Text
4103121051 BAB I.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of 4103121051 BAB V.pdf]
Preview
Text
4103121051 BAB V.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 4103121051 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4103121051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar fisika pada materi Hukum Newton di kelas X SMA St. Thomas 3 Medan T.P 2014/2015.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA St. Thomas 3 Medan T.P 2014/2015 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 231 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 15 soal dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa saat pembelajaran. Hasil uji normalitas diperoleh data pretes berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan &#945; = 0,05 diperoleh thitung = 0,381 dan ttabel = 2,00 , karena thitung < ttabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan kemampuan awal kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model problem based learning dan kelas kontrol dengan model konvensional. Setelah pembelajaran selesai maka dilakukan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 72,3 dengan simpangan baku 14 dan kelas kontrol 62,4 dengan simpangan baku 14. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung = 2,7 dan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel maka Ha diterima, yaitu ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar fisika pada materi Hukum Newton di kelas X semester I SMA St. Thomas 3 Medan T.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 531.607 12 Mah p
Keywords: model pembelajaran berbasis masalah; pembelajaran konvensional; hukum newton; gaya; massa dan berat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 23 Aug 2016 09:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12086

Actions (login required)

View Item
View Item