PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP BUDISATRYA MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Hidayani, Sirry (2015) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP BUDISATRYA MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4101111046 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111046 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111046 BAB I.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111046 BAB V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111046 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII-3 SMP Swasta Budisatrya Medan.Jenis penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Swasta Budisatrya Medan tahun ajaran 2014/2015 yang masing-masing berjumlah 32 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII-3 SMP Swasta Budisatrya tahun ajaran 2014/2015. Data diperoleh dari tes pemahaman konsep matematika siswa pada akhir setiap siklus dan lembar observasi untuk setiap kali pertemuan. Sebelum dilaksanakannya siklus diadakan tes a diagnostik pada kelas VII-3 untuk melihat kemampuan awal siswa dalam memahami konsep himpunan, juga untuk mengetahui gambaran kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan himpunan. Kemudian dilaksanakan siklus I dan siklus II di kelas VII-3 untuk melihat peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan.Pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa pada tes awal yaitu 43,1 dengan tingkat pemahaman konsep matematika sangat rendah. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa meningkat menjadi 59,9 dengan tingkat pemahaman konsep matematika rendah. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa meningkat menjadi 75,0 dengan tingkat pemahaman konsep matematika sedang serta telah mencapai target keberhasilan belajar.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Swasta Budisatrya Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManurung, Nurliani196203051987032003
Call Number: 512.707 1 Hid p
Keywords: pembelajaran matematika; pembelajaran kontekstual; himpunan;; himpunan kosong; himpunan kuasa; kesamaan dua himpunan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11962

Actions (login required)

View Item View Item