EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Ardianti, - (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409331004 COVER.pdf]
Preview
Text
409331004 COVER.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 409331004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409331004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 409331004 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409331004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 409331004 ASBTRAK.pdf]
Preview
Text
409331004 ASBTRAK.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 409331004 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409331004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 409331004 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409331004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 409331004 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409331004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 409331004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409331004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 409331004 BAB I.pdf]
Preview
Text
409331004 BAB I.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of 409331004 BAB V.pdf]
Preview
Text
409331004 BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 409331004 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409331004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD) dengan media e-Learning berbasis Weblog terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia di SMK Dharma Analitika Medan. Penelitian ini bersifat eksperimen sungguhan (True Experiment Design) dalam bentuk rancangan Pretest-Posttest Control Group Design menggunakan dua kelompok sampel yang diambil secara acak dari populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD) dengan media e-Learning berbasis Weblog dan kelas kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan test objektif yang berjumlah 25 soal yang telah teruji validitas, tingkat kesukaran, daya beda dan realibilitasnya.Hasil analisis data diperoleh peningkatan atau persen gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen sebesar 78,42% lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan peningkatan atau persen gain hasil belajarnya sebesar 58,50%. Rata-rata nilai pre-test siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD) dengan media e-Learning berbasis Weblog adalah 39,13 10,55, sedangkan Sedangkan rata-rata post-test kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan media e-learning berbasis weblog dengan pembelajaran model kooperatif tipe STAD sebesar 87,00 dan rata-rata post-test kelas kontrol yang diberi pembelajaran konvensional tanpa media e-learning berbasis weblog sebesar 74,88. Hasil analisis ranah kognitif yang terkembang adalah C2, dengan persentase ranah kognitifnya sebesar 28,6% untuk kelas eksperimen dan 27,9% untuk kelas kontrol. Peningkatan atau persen gain hasil belajar kedua kelas diuji dengan uji t pihak kanan diperoleh thitung > ttabel (7,877 > 1,994) sehingga Ha diterima, berarti hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD) dengan media e-Learning berbasis Weblog lebih tinggi daripada hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional di SMK Dharma Analitika Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.392 071 2 Ard p
Keywords: Hasil Belajar Kimia; Pembelajaran e-Learning; Weblog; Pembelajaran Konvensional; Kesetimbangan Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 30 Aug 2016 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11870

Actions (login required)

View Item
View Item