PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA FLOWCHART TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI

Sinurat, Jhon Patar (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA FLOWCHART TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4101131017 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101131017 LEMBAR PENGESAHAN .pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101131017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101131017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101131017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101131017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101131017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101131017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101131017 BAB I.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101131017 BAB V.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101131017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Flowchart pada pokok bahasan laju reaksi di SMA Negeri 1 Bilah Hilir pada kelas XI IPA semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini diambil secara random sampling yakni 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas sebesar 0,751, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas ekperimen memiliki rata-rata nilai pre-test 26,00 dan pos-tes 69,75 dengan rata-rata gain sebesar 0,588. Nilai pre-test dan pos-test pada kelas eksperimen adalah normal dimana normalitas pre-test sebesar 10,26 dan normalitas pos-test sebesar 7,28. Sedangkan siswa pada kelas kontrol memiliki rata-rata nilai pre-test 22,25 dan pos-test 48,375 dengan rata-rata gain sebesar 0,337. Nilai pre-test dan pos-test pada kelas kontrol adalah normal dimana normalitas pre-test sebesar 9,06 dan normalitas pos-test sebesar 7,42. Kehomogenan data dapat dilihat dari pre-test dan pos-test yang terbukti homogen. Pre-test pada kelas eksperimen dan kontrol adalah 1,125 dan pos-test pada kelas eksperimen dan kontrol adalah 1,330. Sedangkan persentase peningkatan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 58,8% dan pada kelas kontrol 33,7%. Hasil uji t pihak kanan diperoleh nilai thitung sebesar 9,487 lebih besar dari ttabel sebesar 1,667 pada α = 0,05. Sehingga dapat diartikan bahwa model pembelajaran problem based learning dengan media flowchart berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas XI pada pokok bahasan laju reaksi. Ranah kognitif di kelas eksperimen membuktikan bahwa soal berlevel C3 adalah yang paling tinggi sebesar 0,634. Ini menunjukkan bahwa ranah kognitif siswa yang paling menonjol di kelas eksperimen adalah kognitif C3 (Penerapan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Germanicus195303181983031002
Call Number: 541.390 71 Sin p
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Media Fowchart; Teori Tumbuhan; Orde Reaksi; Pembelajaran Kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11793

Actions (login required)

View Item View Item