PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI SMK - BM PAB 3 MEDAN ESTATE T.A 2013/2014

Chulaisyah, Alice (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI SMK - BM PAB 3 MEDAN ESTATE T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103311005 COVER.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311005 BAB I.pdf - Published Version

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311005 BAB V.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311005 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi program linear di SMK – BM PAB 3 Medan Estate tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X – Ak 1 SMK – BM PAB 3 Medan Estate yang berjumlah 34 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi program linier di kelas X – Ak 1 SMK – BM PAB 3 Medan Estate tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 22 orang siswa atau 64,71% yang mencapai nilai 61 dengan nilai rata-rata adalah 56,86 (rendah). Dari 34 orang siswa diperoleh penyebaran tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa, yaitu 3 orang siswa atau 8,82% yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif tinggi, 19 orang siswa atau 55,88% yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif sedang dan 12 orang siswa atau 35,30% yang memiliki tingkat kemampun berpikir kreatif rendah. Pada siklus II terdapat 30 orang siswa atau 88,24% yang mencapai nilai 61 dengan nilai rata-rata adalah 70,26 (sedang). Dari 34 orang siswa diperoleh penyebaran tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa, yaitu 9 orang siswa atau 26,47% yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif tinggi, 21 orang siswa atau 61,77% yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif sedang dan 4 orang siswa atau 11,76% yang memiliki tingkat kemampun berpikir kreatif rendah. Dengan demikian, kelas tersebut telah memenuhi kriteria tingkat kemampuan berpikir kreatif, yaitu terdapat 85% siswa yang mengikuti tes telah mencapai nilai 61 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi program linear di SMK – BM PAB 3 Medan Estate. Berdasarkan hasil analisis data dan observasi kegiatan pembelajaran, penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMukhtar, -195908071983031033
Call Number: 512.942 071 9 Shu p
Keywords: Belajar; Pembelajaran; Berpikir Kreatif; Materi Program Linier; Konsep Dasar Program Linier
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11711

Actions (login required)

View Item View Item