PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DI KELAS VIII SMP YPAK PTPN III SEI KARANG T.P 2013/2014

Manurung, Roni Mangapul (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DI KELAS VIII SMP YPAK PTPN III SEI KARANG T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103321041 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321041 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321041 BAB I.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321041 BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya di kelas VIII SMP YPAK PTPN III Sei Karang T.P 2013/2014 dan aktifitas belajar siswa saat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design penelitian Two Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 orang dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal yang telah divalidasikan dan lembar observasi aktifitas belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Uji Hipotesis menggunakan uji t satu pihak.Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 44,91 dengan standar deviasi 12,07 dan 42,59 dengan standar deviasi 9,86. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk pretes diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,1056 < 0,1430, sedangkan kelas kontrol Lhitung < Ltabel = 0,13196 < 0,1480 maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,49 <1,78 maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa meningkat dari pertemuan pertama, kedua dan ketiga. Rata-rata aktivitas pertemuan pertama adalah 60,78, pertemuan kedua 75,69 dan pertemuan ketiga 82,83. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, diperoleh nilai postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,61 dan standar deviasi 9,71 dan kelas kontrol 61,48 dan standar deviasi 11,83. Hasil uji t satu pihak postes diperoleh thitung > ttabel = 5,69 > 1,67 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya di kelas VIII SMP YPAK PTPN III Sei Karang T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinulingga, Karya196012251987031005
Call Number: 535.140 712 Man p
Keywords: Model Pembelajara; Kooperatif; NHT; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Cahaya; Pemantulan Cahaya; Hukum Pembiasan; Pembiasan Pada Benda Optik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11656

Actions (login required)

View Item View Item