UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN PENERAPAN TEORI VYGOTSKY PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII MTS NEGERI KISARAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Ritonga, Hasili Rizkiah (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN PENERAPAN TEORI VYGOTSKY PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII MTS NEGERI KISARAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4101111019 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111019 BAB I.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111019 BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan menerapkan teori Vygotsky. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Dimana operasional dalam penelitian ini dijabarkan menjadi 4 tahap yang berupa siklus yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi (pengamatan), dan tahap reduksi. Pelaksanaan dalam penelitian ini dibuat dalam 2 siklus, dan proses pengajarannya dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Data yang telah direduksi dicari presentase kelas yang mampu memecahkan masalah secara individu (DSP) dan presentase kelas yang mampu memecahkan masalah secara klasikal (DSK) serta tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa. Dari hasil teknik analisa data yang diperoleh bentuk kesalahan yang dihadapi siswa yaitu : sulit menyelesaikan soal dengan menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah. Dari kesulitan-kesulitan yang diketahui diperoleh, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah secara klasikal yaitu 71,875% atau 0% ≤ DSK ≤ 85% (kelas belum mampu memecahkan masalah) dengan 23 siswa yang memperoleh nilai 65% ≤ DSP≤ 79% (kemampuan pemecahan masalah sedang). Diakhir tindakan pada siklus I, kemudian diberikan tes kemampuan pemecahan masalah II dimana diperoleh tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah secara klasikal 87,5% atau 85% ≤ DSP≤100% (kelas telah mampu memecahkan masalah) dengan tingkat ketuntasan pemecahan masalah secara individu sebanyak 28 siswa. Berdasarkan analisis penelitian di atas, diperoleh gambaran bahwa penerapan teori Vygotsky pada materi kubus an balok di kelas VIII-A MTsN Kisaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Dimana peningkatan diperoleh setelah siklus II dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArmanto, Dian196304011989031004
Call Number: 516.360 712 Rit u
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah; Teori Belajar Vygotskg; Kubus; Balok; Volume; Jaring-jaring Balok; Luas Permukaan Balok
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11577

Actions (login required)

View Item View Item