PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA PADA POKOK BAHASAN PERHITUNGAN KIMIA

Simalango, Tumpal (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA PADA POKOK BAHASAN PERHITUNGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409131080 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131080 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131080 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131080 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131080 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131080 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131080 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131080 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131080 BAB I.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131080 BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131080 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA pada pokok bahasan perhitungan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Sumbul, yang berjumlah 7 kelas dan setiap kelas terdiri dari 36 - 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata gain kelas eksperimen (0,615) dan rata-rata gain kelas control (0,445). Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t yaitu uji pihak kanan dan diperoleh thitung sebesar 5,059, sedangkan nilai ttabel sebesar 1,668 pada taraf signifikan α = 0,05 dan db = 74, sehingga thitung> ttabel, Maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA pada pokok bahasan perhitungan kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHutabarat, Wesly195107201977101001
Call Number: 541.260 712 Sim p
Keywords: Hasil Belajar Kimia; Model Pembelajaran Konvensional; Jigsaw; Stoikiometri; Konsep Mol; Stoikiometri Senyawa; Soikiometri Reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11575

Actions (login required)

View Item View Item