PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DISERTAI MEDIA BERBASIS KOMPUTER (MICROSOFT POWER POINT) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID

Amanda, Normalia (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DISERTAI MEDIA BERBASIS KOMPUTER (MICROSOFT POWER POINT) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103331036 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331036 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331036 BAB 1.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331036 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray disertai media berbasis komputer (Microsoft Power Point) terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi koloid di SMAN 6 Medan T.A 2013/2014. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA yang ada di SMAN 6 Medan sebanyak 4 kelas dan setiap kelas terdiri dari +36 siswa. Sedangkan sampel dilakukan secara purpossive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen I diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan kelas eksperimen II diajar dengan model Konvensional. Dan kedua model menggunakan media yang sama. Sebelum proses belajar mengajar dimulai, terlebih dahulu dilakukan pre-test serta setelah selesai pengajaran dilakukan post-test. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen I (28,778 +4,328) dan post-test (84,556+5,091) dengan persen peningkatan belajar = 78,48% sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen II (28,667 + 4,269) dan post-test (75,889+6,359) dengan persen peningkatan belajar 66,30%. Kemudian berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung = 6,4 dan harga ttabel = 1,669 (thitung > ttabel) pada α = 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha¬ diterima, yang berarti hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray disertai media berbasis komputer (Microsoft Power Point) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional disertai media berbasis komputer (Microsoft Power Point) pada materi Koloid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJasmidi, 196511041991031002
Call Number: 541.345 071 2 Ama p
Keywords: Hasil Belajar; Kooperatif; Two Stay Two Stray; Konvensional; Microsoft Power Point; Model Pembelajaran; Sistem Koloid; Depresi Macam-macam Koloid; Sifat-sifat Koloid
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11558

Actions (login required)

View Item View Item