PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA N 14 MEDAN T.A 2013/2014

Simatupang, Mardiana Afriany (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA N 14 MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103321027 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321027 BAB I.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321027 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 14 Medan T.A. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Negeri 14 Medan yang berjumlah 9 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X IPA-3 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu peta konsep dan kelas X IPA-2 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu : 1) tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.Dari penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 3,190 kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1382 < Ltabel = 0,1401 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 4,575 kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1069 < Ltabel = 0,1401. Setelah itu dilakukan uji homogenitas, diperoleh Fhitung = 1,048< Ftabel = 1,705. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian telah terpenuhi persyaratan untuk melakukan uji t dua pihak. Uji t menunjukkan thitung < ttabel yaitu -0,696 < 1,994 maka Ho diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen 6,138. Kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1346 < Ltabel = 0,1401. Nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 5,488. Kemudian dilakukan uji normalitas, diperoleh Lhitung = 0,1188 < Ltabel = 0,1401. Setelah itu dilakukan uji homogenitas, diperoleh Fhitung = 1,165 < Ftabel = 1,705. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,095 > 1,994 pada taraf signifikan &#945; = 0.05 dan dk = 78. Hal ini berarti Ha diterima ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di SMA Negeri 14 Medan T.A. 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimatupang, Sehat19581230 198103 1 003
Call Number: 537.607 12 Sim p
Keywords: Problem Based Learning; Peta Konsep; Hasil Belajar; Aktivitas; Pembelajaran Konvensional; Listrik Dinamis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11536

Actions (login required)

View Item View Item