METODE PENEMUAN TERBIMBING YANG MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 DELI TUA T.A 2012/2013

Ketaren, Rahtini Febriana (2014) METODE PENEMUAN TERBIMBING YANG MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 DELI TUA T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071244120020 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120020 DAFATR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120020 BAB I.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120020 BAB V.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120020 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi Bilangan Pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Deli Tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu kelas VII SMP Negeri 1 Deli Tua yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah peningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menerapkan metode penemuan terbimbing di kelas VII SMP Negeri 1 Deli Tua. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian yaitu tes awal sebanyak 3 soal.Tes kemampuan pemecahan masalah siklus I sebanyak 3 soal dan tes kemampuan pemecahan masalah siklus II terdiri dari 3 soal Berdasarkan hasil tes awal diketahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 17,12. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 22,84 dengan 19 siswa atau 59,38% dari keseluruhan siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 2,98 dengan kategori baik. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas 25,90 dimana jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 28 orang atau 87,5% dari seluruh siswa dan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,47 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, E. Elvis196312251988031004
Call Number: 513.260 71 Ket m
Keywords: elajar; Pembelajaran; Hsil Belajar; Metode Pembelajaran; Penemuan Terbimbing; Peran Guru. Bilanga Pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11534

Actions (login required)

View Item View Item