PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTU ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBIASAN CAHAYA DI KELAS X SMAN 20 MEDAN T.P. 2013/2014

Wirakaryati, (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTU ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBIASAN CAHAYA DI KELAS X SMAN 20 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103121084 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103121084 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103121084 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103121084 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103121084 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103121084 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103121084 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431018 BAB I..pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103121084 BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103121084 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantu animasi flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pembiasan cahaya di kelas X SMAN 20 Medan T.P. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA N 20 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MS-1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas X MS-2 dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah memenuhi uji persyaratan dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 44,53 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 45,16. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 77,66, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata postes 73,44. Dan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan I diperoleh rata-rata 50,83, pada pertemuan II dengan rata-rata 59,40 dan pada pertemuan III dengan rata-rata 65,20. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,965 > 1,6697 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 62. Hal ini berarti Ha diterima yakni ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi pembiasan cahaya di kelas X SMAN 20 Medan T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinuraya, Juru Bahasa196001301986011002
Call Number: 535.140 712 Wir p
Keywords: pembelajaran kooperatif; jigsaw; hasil belajar; aktivitas belajar; pembelajaran flash
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11519

Actions (login required)

View Item View Item