UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 AEK NABARA BARUMUN TAHUN AJARAN 2014/2015

Nasution, Ita Ramasari (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 AEK NABARA BARUMUN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4102111007 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111007 BAB I.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111007 BAB V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metakognitif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Aek Nabara Barumun tahun ajaran 2014 / 2015 dan apakah melalui Pendekatan Metakognitif dapat mengatasi masalah kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa dalam mempelajari pokok bahasan pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Aek Nabara Barumun Tahun Ajaran 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Aek Nabara Barumun yang berjumlah 24 orang dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa melalui penerapan pendekatan metakognitif pada materi pokok pecahan tahun ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes awal, tes hasil belajar dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan pendekatan metakognitif dan lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran. Sedangkan analisis data yang dilakukan di dalam penelitian adalah reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, diperoleh rata-rata penilaian setiap pertemuan adalah 2,8 dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran termasuk kategori baik. Dari tes hasil belajar I diperoleh sebanyak 15 siswa (62,5 %) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 9 siswa (37,5 %) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Pada tes hasil belajar II diperoleh sebanyak 21 orang (87,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang (12,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dari siklus I dan siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat sebesar 25%. Karena ketuntasan belajar klasikal telah tercapai dan terjadi peningkatan nilai rata - rata dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sehingga pelaksanaan tindakan berhenti. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan metakognitif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorFauzi, M. Amin196406291993031001
Call Number: 513.260 71 Nas u
Keywords: pembelajaran matematika; hasil belajar; kesulitan belajar; pendekatan meta kognitif; pecahan; penjumlahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11488

Actions (login required)

View Item View Item