UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENGURANGI FOBIA MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VII SMP AL-FATTAH MEDAN T.A 2013/2014

Siregar, Asnita Chairani (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENGURANGI FOBIA MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VII SMP AL-FATTAH MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, tingkat fobia siswa terhadap matematika dan Mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui pendekatan matematika realistik di kelas VII SMP Al-fattah Medan T.A 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas VII1 SMP Al-fattah Medan dan objek penelitian ini adalah mengguankan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar dan mengurangi fobia matematika siswa pada materi bilangan pecahan. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan matematika realistik dan lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran dan angket fobia ketika pendekatan matematika realistik diterapkan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostik dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis angket awal fobia pada angket awal diperoleh rata-rata siswa mengalami fobia adalah 39,41 dengan kategori sedang, terdapat siswa yang mengalami tingkat fobia tinggi 12 orang dan hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes diagnostik sampai tes hasil belajar siswa. Banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes diagnostik yaitu 11 dari 36 siswa atau 30,5% dengan rata-rata kelas 54,61%. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan pendekatan matematika realistik pada materi pokok bilangan pecahan menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 21 dari 36 siswa atau 58,3% dengan rata-rata kelas 66,11. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 32 dari siswa 4atau 88,9% dengan rata-rata kelas 73,20. Kemudian diberikan angket angkhir, dari analisi angket fobia terdapat nilai rata-rata fobia siswa diperoleh 35,75 termasuk kategori rendah dan hanya 1 orang yang mengalami fobia dengan kategori tinggi maka dapat disimpulkan dari angket awal dan akhir mengala,I penurunan fobia siswa. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar dan mengurangi fobia siswa di kelas VIII SMP Al-fattah Medan T.A 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDManullang, M195205171977021001
Call Number: 513.260 71 Sir u
Keywords: belajar; fobia matematika; PMR; bilangan pecahan; pecahan dan lambangnya; operasi hitung bilangan pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11434

Actions (login required)

View Item View Item