UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN

Pratama, Yunita Adiasa (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103141088 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141088 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141088 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141088 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141088 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141088 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141088 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141088 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141088 BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141088 BAB V.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141088 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dengan menggunakan model pembelajaran experiential learning (belajar berbasis pengalaman) pada materi dunia tumbuhan di kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan pada April 2014-Mei 2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah alur penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus dan sebagai subjek adalah kelas X-9 yang berjumlah 34 orang. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda serta lembar observasi untuk pengamatan aktivitas guru dan aktivitas peneliti selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil analisis data diketahui ada peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus, pada saat pretest pertama nilai rata-rata hasil belajar siswa hanya sebesar 45,3 dan tidak ada siswa yang tuntas belajar pada pretest siklus I. Pada posttest siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,29 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 61,76%, kemudian meningkat pada posttest siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 75,15 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 73,53%, kemudian meningkat lagi pada posttest siklus III nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 82,2 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 85,3%. Data aktivitas belajar siswa diketahui bahwa persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 57, 13%, pada siklus II persentase aktivitas meningkat menjadi 68,6%, dan meningkat pada siklus III persentase aktivitas sebesar 81,1%. Berdasarkan hasil deskripsi penelitian pada ketiga siklus tersebut dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran experiential learning melalui alur penelitian tindakan kelas (PTK) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLazuardi, 196004231989021001
Call Number: 588 Pra u
Keywords: hasil belajar; model pembelajaran; experiental learning; dunia tumbuhan; tumbuhan lumut (Bryophyta); reproduksi manusia
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11408

Actions (login required)

View Item View Item