PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON

Simanjuntak, Nurhayati (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103131046 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131046 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131046 BAB I.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131046 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media power point terhadap hasil belajar pada pokok bahasan hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA semester I tahun ajaran 2014/2015 yang telah menerapkan kurikulum 2013. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 25 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh, penerapan model PBL menggunakan media power point meningkatkan hasil belajar sebesar 73,86% sedangkan penerapan model Direct Instruction menggunakan media power point meningkatkan hasil belajar sebesar 69,16%. Berdasarkan uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yakni thitung = 3,155 > ttabel = 1,671, berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan model PBL menggunakan media power point lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model Direct Instruction menggunakan media power point.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDNauli, Rahmat196606071991031002
Call Number: 547.010 712 Sim p
Keywords: hasil belajar; pemeblajaran kimia; media pembelajaran; microsoft office power point; hidrokarbon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11384

Actions (login required)

View Item View Item