PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS KOLABORASI DENGAN MEDIA LKS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID

Haliska, Syarifah Tya (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS KOLABORASI DENGAN MEDIA LKS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103131074 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131074 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131074 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131074 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131074 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131074 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131074 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131074 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131074 BAB I.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131074 BAB V.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131074 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran media pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbasis kolaborasi dengan media LKS lebih tinggi dibandingkan dengan model konvensional terhadap peningkatan hasil belajar pada materi sistem koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak (random), 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Instrumen adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 24 soal yang valid dengan tingkat reliabel 0,8845. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbasis kolaborasi dengan media LKS dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 39,03 dan nilai rata-rata post-test adalah 87,03 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 33,9 dan nilai rata-rata post-test adalah 78,54. Peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar kimia kelas kontrol, yaitu 79,58% dan 66,72%. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung> ttabel yakni 4,755 > 1,6703 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbasis kolaborasi dengan media LKS lebih tinggi dibandingkan dengan model konvensional dan aspek yang terkembangkan adalah C2 (pemahaman) 80,46%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196612061991032003
Call Number: 541.345 071 2 Hal p
Keywords: hasil belajar; taksonomi; pembelajaran kimia; model pembelajaran; CTL; media pemebalajran; sistem koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11376

Actions (login required)

View Item View Item