PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA, BERPIKIR KRITIS DAN KERJASAMA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS

Simanjuntak, Magda Dewi H. (2014) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA, BERPIKIR KRITIS DAN KERJASAMA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103331028 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331028 BAB I.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331028 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia, berpikir kritis, dan kerjasama siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran Genius Learning dengan model pembelajaran PBL (problem based learning) pada pokok bahasan reaksi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Advent Air Bersih. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan sampel jenuh / sampel total dimana, sampel diambil dari semua kelas. Total keseluruhan terdapat 2 kelas, kelas pertama sebagai Kelas eksperimen 1 yang diajarkan dengan menggunakan Genius Learning Strategi dengan model pembelajaran PBL, sedangkan kelas kedua sebagai kelas eksperimen 2 diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua ranah yaitu kognitif dan afektif. Untuk mengukur kemampuan siswa digunakan Instrumen tes hasil belajar yang disusun dalam bentuk objective test dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dianalisis dan dinyatakan memenuhi syarat uji validitas isi. Sedangkan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan sikap kerjasama siswa digunakan lembar observasi penilaian sikap. Sebagai prasyarat uji hipotesis, data hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kerjasama siswa kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh data kedua kelompok sampel yang berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji dua pihak. Untuk uji hipotesis hasil belajar siswa (thitung = 2,30), uji hipotesis kemampuan berpikir kritis siswa (thitung = 2,23), dan uji hipotesis sikap kerjasama (thitung = 3,33) dimana ttabel = 1,979 untuk α = 0.05 dan dk = 58. Dengan demikian thitung > 1,979 maka uji hipotesis hasil belajar, kemampuan berpikir kritis dan kerjasama siswa terima Ha dan tolak Ho. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar, kemampuan berpikir kritis dan kerjasama siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran genius learning dengan model pembelajaran PBL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitorus, Marham196301011989031004
Call Number: 541.393 071 2 Sim p
Keywords: belajar; aktivitas belajar; hasil belajar; keterampilan berfikir kritis; keterampilan kerjasama; reaksi redoks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11289

Actions (login required)

View Item View Item