PERBANDINGAN HASIL BELAJAR, BERPIKIR KRITIS DAN KERJASAMA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI POKOK TATA NAMA SENYAWA

Pramesti, Lydia (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR, BERPIKIR KRITIS DAN KERJASAMA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI POKOK TATA NAMA SENYAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4103131036 COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4103131036 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4103131036 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4103131036 PREFACE.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4103131036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4103131036 TABLES.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4103131036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4103131036 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4103131036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 4103131036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM. 4103131036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Student Team Achievement Division (STAD) pada materi pokok Tata Nama Senyawa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA SMAN 1 Percut Sei Tuan, yang berjumlah 5 kelas dan setiap kelas terdiri dari 36 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan dua tahap, tahap pertama yaitu pengambilan sampel kelas secara acak sebanyak 2 kelas dan tahap kedua yaitu pengambilan sampel siswa secara purposif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan instrumen non tes. Intrumen tes dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang memiliki validitas isi dalam kategori baik, reliabel, tingkat kesukaran soal dalam kategori sedang, kriteria daya pembeda memenuhi syarat dan distruktor yang memenuhi syarat. Berdasarkan uji hipotesis 1 dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung &#8805; ttabel, yakni thitung = 3,50 > ttabel = 2,056, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Student Team Achievement Division (STAD) pada materi pokok Tata Nama Senyawa. Untuk uji hipotesis 2 thitung = 3,90 > ttabel = 2,056, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Student Team Achievement Division (STAD) pada materi pokok Tata Nama Senyawa. Untuk uji hipotesis 3 thitung = 0,14 < ttabel = 2,056, berarti Ha ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan sikap kerjasama siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Student Team Achievement Division (STAD) pada materi pokok Tata Nama Senyawa..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiti Jahro, Lis196510151992032003
Call Number: 546.071 2 Adh
Keywords: hasil belajar; kerjasama; problem based learning; model konvensional; media pembelajaran, tata nama senyawa
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11280

Actions (login required)

View Item View Item