PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOKBAHASAN HIDROKARBON DI MAN 1 MEDAN

Alkadri, (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOKBAHASAN HIDROKARBON DI MAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409131005 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131005 BAB I.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131005 BAB V.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran model Kooperatif tipe Numbered Head Together menggunakan media Handout lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran model Konvensional menggunakan media Peta Konsep pada pokok bahasan hidrokarbon di MAN 1 Medan Pada kelas X. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan tahun pelajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling random sederhana, yaitu dengan cara melakukan undian. Sehingga diperoleh kelas eksperimen yang diberi pengajaran dengan pembelajaran model kooperatif Numbered Head Together menggunakan media Handout dan kelas kontrol yang diberi pengajaran dengan pembelajaran model Konvensional menggunakan media Peta Konsep. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 22 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya.Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 42,72 dan hasil rata-rata post-test sebesar 89,69 dengan rata-rata peningkatan hasil belajar diperoleh sebesar 81%. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol sebesar 33,63 dan hasil rata-rata post-test sebesar 80,87 dengan rata-rata peningkatan hasil belajar diperoleh sebesar 71%. Sehingga dapat diketahui bahwa pembelajaran model Kooperatif tipe Numbered Head Together memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa sebesar 10%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajarkan melalui penerapan pembelajaran model Kooperatif tipe Numbered Head Together menggunakan media Handout lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang menerapkan pembelajaran model Konvensional menggunakan media peta konsep pada pokok bahasan Hidrokarbon di kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Hal tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa thitung = 3,22 dan harga ttabel = 1,67 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 95 % (α = 0,05) sehingga menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihombing, Kawan195712091987031001
Call Number: 547.010 712 Alk p
Keywords: hasil belajar; pembelajaran kooperatif; NHT; media pembelajaran; media handout; media peta konsep; hidrokarbon; senyawa karbon; senyawa karbon; isomer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11254

Actions (login required)

View Item View Item