PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS X SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN

Arlina, (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS X SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409311006 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311006 LEMBAR PENGESAHAN .pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311006 DAFATR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311006 BAB I.pdf - Published Version

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311006 BAB V.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Peta Konsep Di Kelas X SMK Tritech Informatika Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Tritech Informatika Medan Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 24 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran advance organizer dengan peta konsep pada materi persamaan kuadrat di kelas X SMK Tritech Informatika Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran dan aktivitas belajar siswa. Sebelum menerapkan tindakan, siswa diberikan tes awal. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, terdapat 2 dari 24 siswa (8,33%) yang mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan rata-rata 47,13. Setelah pemberian tindakan pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah (62,5%) atau ada 15 dari 24 siswa yang tuntas belajar secara individu dengan nilai rata-rata 66,92. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah (87,5%) atau ada 21 siswa yang tuntas belajar secara individu dengan nilai rata-rata 76,92. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus 1 ke siklus II adalah 25 %. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMK Tritech Informatika Medan, sehingga model pembelajaran Advance Organizer dengan Peta Konsep dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, asrin196010021987031004
Call Number: 512.740 719 Arl p
Keywords: Hasil Belajar;Model Pembelajaran;Advance Organisasi;Media Pembelajaran;Persamaan kusdrat;Akar-akar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11172

Actions (login required)

View Item View Item