PENGARUH METODE MENGAJAR DAN BENTUK TES TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN ZAT ADITIF MAKANAN DI SMP

Srikandi, Rilia Eka (2013) PENGARUH METODE MENGAJAR DAN BENTUK TES TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN ZAT ADITIF MAKANAN DI SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mengajar, bentuk tes dan interaksi antara metode mengajar dan bentuk tes terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Muhammadyah 3 Medan Medan yakni sebanyak 8 kelas, 4 kelas adalah kelas reguler dan 4 kelas adalah kelas plus. Sampel diambil dengan dua tahap yaitu: sampel kelas diambil 4 kelas secara purposif yaitu kelas reguler, selanjutnya sampel siswa diambil secara purposif 10 orang siswa dari setiap kelas yang relatif homogen statusnya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian 2 x 2. Ada dua faktor yang diujicobakan yaitu faktor A : Metode mengajar dan terdiri dari 2 taraf yaitu A1 = metode drill A2 = metode resitasi, faktor B : bentuk tes yang terdiri dari ada 2 taraf yaitu B1= tes pilihan ganda dan B2 = tes essay. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh bahwa Fhit (A) dan Fhit (B) > Ftabel artinya ada pengaruh metode mengajar dan bentuk tes terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa di SMP dan Fhit (AB) > Ftabel atau 21,533 > 4,11, artinya ada interaksi antara metode mengajar dan bentuk tes terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa di SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan metode drill memberikan rataan peningkatan lebih tinggi dengan menggunakan bentuk tes essay (4,37 ± 0,80) dan memberikan rataan peningkatan yang rendah dengan menggunakan bentuk tes pilihan ganda (1,55 ± 0,68). Siswa yang diajarkan dengan metode resitasi memberikan rataan peningkatan nilai lebih tinggi dengan menggunakan bentuk tes essay (4,01 ± 0,58) dan memberikan rataan lebih rendah dengan menggunakan tes pilihan ganda (3,15 ± 0,58). Pada uji pengaruh sederhana siswa yang akan diberi tes pilihan ganda sebaiknya menggunakan metode drill sedangkan siswa yang akan diberi tes essay dapat diajarkan dengan menggunakan metode drill ataupun resitasi karena secara statistik tidak ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar kedua metode tersebut pada tes essay.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilitonga, P.Maulim195909071985031003
Call Number: 541.393 071 2 Sri p
Keywords: Metode Mengajar; Metode Drill; Metode Resitasi; Tes Subyektif;Zat Adiktif; Dampak Negeif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11168

Actions (login required)

View Item View Item