PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA BERTAMU DENGAN MEDIA SUDOKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON

Erwinsyah, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA BERTAMU DENGAN MEDIA SUDOKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409431010 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431010 BAB I.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431010 BAB V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Dua Tinggal Dua Bertamu dengan media Sudoku pada materi pokok Hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampel penelitian ini masing-masing sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas Kontrol. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya.Setelah dilakukan pengolahan data dan didapatkan peningkatan hasil belajar SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu pada kelas eksperimen sebesar 80,44 dan pada kelas Kontrol diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 75,52, SMA Swasta Mardi Lestari Medan pada kelas eksperimen sebesar 75 dan pada kelas Kontrol diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 73,96, dan SMA Swasta AW 7 Sei Ramapah pada kelas eksperimen sebesar 72,06 dan pada kelas Kontrol diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 70,53. Dari data tersebut setelah dianalisis, maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu untuk kelas Eksperimen sebesar 52,7 % dan peningkatan hasil belajar siswa kelas Kontrol sebesar 49,9 %, untuk SMA Swasta Mardi Lestari untuk kelas Eksperimen sebesar 51,1 % dan peningkatan belajar kelas Kontrol sebesar 46,5%, sedangan untuk SMA Swasta AW 7 Sei Rampah untuk kelas Eksperimen sebesar 46% dan peningkatan kelas Kontrol sebesar 42,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMuctar, Zainuddin196703171992031004
Call Number: 547.010 71 Erw p
Keywords: Hasil Belajar;Model Pembelajaran Kooreatif
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11161

Actions (login required)

View Item View Item