PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) DAN WORD SQUARE PADA SUB MATERI POKOK HEWAN PLATYHELMINTHES DI KELASX SMA TAMAN SISWA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012 2013

Rambe, Yuli Sartika (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) DAN WORD SQUARE PADA SUB MATERI POKOK HEWAN PLATYHELMINTHES DI KELASX SMA TAMAN SISWA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409341055 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341055 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341055 BAB I.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341055 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT Numbered Head Together dan Word Square pada sub materi pokok hewan Platyhelminthes di kelas X SMA Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2012 2013 Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Taman Siswa Medan yang terdiri dari 2 kelas Jumlah siswa seluruhnya berjumlah 95 orang Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan secara Proposive Sampling yaitu kelas X 1 sebagai kelas NHT yang siswanya berjumlah 35 orang dan di kelas X 2 sebagai kelas Word Square yang siswanya berjumlah 30 Jenis penelitian yang dilakukan termasuk penelitian eksperimen Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT Numbered Head Together dan Word Square Berdasarkan nilai rata rata hasil belajar biologi pada kelas NHT sebesar 51 27 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar biologi dikelas Word Square sebasar 72 14 Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dengan taraf kepercayaan 0 05 dimana thitung 2 324 ttabel 2 001 yang berarti dalam penelitian ini H0 di tolak sekaligus menerima Ha, sehingga dapat disimpulkan Ada perbedaan hasil belajar biologi yang signifikan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan Word Square pada sub materi pokok hewan Platyhelminthes di kelas X SMA Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2012 2013 Secara statistic dimana hasil belajar biologi pada kelas Word Square lebih tinggi dari pada hasil belajar biologi dikelas NHT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimamora, Djongken195102071979031001
Call Number: 595 120 712 /Ram /p
Keywords: Model pembelajaran ; Proses belajar mengajar ; Model pembelajaran kooperatif ; Pembelajaran tipe Nht ; Sistem pencernaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11137

Actions (login required)

View Item View Item