PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA

Abidah, Daratul (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409131014 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131014 BAB I.pdf - Published Version

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131014 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional pada pokok bahasan sistem periodik unsur. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Setia Budi Abadi Perbaungan Tahun Ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel secara random sampling maka diperoleh dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberi pengajaran model TPS dan kelas eksperimen 2 diberi pengajaran konvensional. Sebelum dilakukan perlakuan yang berbeda kepada kedua kelas sampel diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 adalah 38,4 + 7,01 dan setelah diberikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share diperoleh hasil belajar siswa sebesar 87,17 + 6,32. Sedangkan untuk siswa kelas eksperimen 2 sebelum dilakukan perlakuan diperoleh hasil belajar siswa sebesar 43,90 + 7,68 dan setelah diberikan pembelajaran konvensional (ceramah) diperoleh rata-rata hasil belajar kimia siswa sebesar 82,33 + 6,87. Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 3,14 > 1,697 dengan taraf signifikasi 5% (α = 0,05) atau dengan taraf kepercayaan 95% sehingga Ha diterima yang berarti hasil belajar kimia siswa antara yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok Sistem Periodik Unsur. Dari hasil perhitungan gain antara post-tes dan pre-tes kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 diperoleh besarnya gain pada kelas eksperimen 1 adalah 86% dan pada kelas eksperimen 2 adalah 75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Amser195112241976031002
Call Number: 541 240 712 /Abi / p
Keywords: HASIL PELAJAR ; MODUL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ; TIPE THINIK PAIN SHAM (IPS); PEMBELAJARAN KONPENSIONAL ; MEDIA PENDIDIKAN ; SISTEM PEODIK UMUM ;ELEKTRON
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11027

Actions (login required)

View Item View Item