PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 34 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Pratiwi, Wiwit Nirma (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 34 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 081244110024 COVER.pdf]
Preview
Text
081244110024 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 081244110024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
081244110024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 081244110024 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
081244110024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 081244110024 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
081244110024 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 081244110024 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
081244110024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 081244110024 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
081244110024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 081244110024 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
081244110024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 081244110024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
081244110024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 081244110024 BAB I.pdf]
Preview
Text
081244110024 BAB I.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of 081244110024 BAB V.pdf]
Preview
Text
081244110024 BAB V.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 081244110024 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
081244110024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 081244110024 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
081244110024 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi aritmatika sosial di Kelas VII SMP Negeri 34 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 34 Medan yang berjumlah 40 orang. Objek penelitin ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan lembar observasi guru dan lembar observasi siswa dengan pencapaian waktu ideal aktivitas aktif siswa pada siklus I dan siklus II. Tes hasil kemampuan berfikir kreatif siswa yang berbentuk uraian yaitu tes awal sebanyak 5 soal. Tes hasil kemampuan berfikir kreatif I sebanyak 5 soal (pada siklus I) dan tes kemampuan berfikir kreatif II terdiri dari 5 soal (pada siklus II). Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh data kemampuan berfikir kreatif siswa dengan menggunakan model Quantum Learning pada tes awal/pre-test terdapat 3 orang siswa (7,5%) yang memiliki kreatifitas tinggi, 17 orang siswa (42,5%) yang memiliki kreatifitas sedang, 20 orang siswa (50%) yang memiliki kreatifitas rendah. Pada siklus I terdapat 14 orang siswa (35%) yang memiliki kreatifitas tinggi, 21 orang siswa (52,5%) yang memiliki kreatifitas sedang, 5 orang siswa (12,5%) yang memiliki kreatifitas rendah. Pada siklus II terdapat 31 orang siswa (77,5%) yang memiliki kreatifitas tinggi, 9 orang siswa (22,5%) yang memiliki kreatifitas sedang, tidak ada siswa yang memiliki kreatifitas rendah.. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah tuntas belajar, karena terdapat 85% siswa yang memiliki tingkat ketuntasan klasikal. Dari hasil analisis siklus I dan siklus II tersebut dapat dilihat bahwa kriteria kemampuan berfikir kreatif siswa ini telah mencapai target dan mengalami peningkatan dalam mempelajari materi aritmatika sosial dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa khususnya pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 34 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 513.207 1 Pra p
Keywords: pembelajaran matematika; model pembeljaran; quantum learning; berfikir kreatif; aritmatika sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 15 Aug 2016 08:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10885

Actions (login required)

View Item
View Item