PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN KONVENSIONAL DI KELAS X SMA NEGERI 8 MEDANT.A 2013/2014

Siagian, Melan (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN KONVENSIONAL DI KELAS X SMA NEGERI 8 MEDANT.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409111045 COVER.pdf]
Preview
Text
409111045 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 409111045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409111045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of 409111045 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409111045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 409111045 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409111045 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 409111045 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409111045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 409111045 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409111045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 409111045 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409111045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 409111045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409111045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 409111045 BAB I.pdf]
Preview
Text
409111045 BAB I.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of 409111045 BAB V.pdf]
Preview
Text
409111045 BAB V.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 409111045 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409111045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar model pembelajaran konvensional pada materi logaritma di kelas X semester I SMA Negeri 8 Medan.Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan yang terdiri dari 7 kelas, dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X-2 sebagai kelas eksperimen A yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan kelas X-1 sebagai kelas eksperimen B yang diterapkan model pembelajaran konvensional dengan masing-masing jumlah sampel 40 orang dalam tiap kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak sederhana (simple random sampling). Untuk alat pengumpul data disediakan 30 soal berbentuk pilihan berganda, setelah divalidasi menunjukkan bahwa 25 soal Tes Hasil Belajar yang dinyatakan valid karena rhitung > rtabel dan reliabel karena rhitung > rtabel yaitu rhitung = 0,855 dan rtabel = 0,312 pada taraf .Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen A 36,8 dan postes 82,1 sedangkan kelas eksperimen B rata-rata pretes 35,9 dan postes 75,1. Dengan menggunakan uji statistik t pada taraf dalam pembuktian hipotesis diperoleh =3,147 dan =1,667 karena harga > , artinya Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional di kelas X SMA Negeri 8 Medan T.A 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 512.920 71 Sia p
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika; pembelajaran kooperatif; pembeljaran konvensional; matrik logaritma; nilai logaritma
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 16 Aug 2016 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10881

Actions (login required)

View Item
View Item