PENGARUH MODEL BELAJAR TEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY MODEL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 7 BINJAI T.P. 2012/2013

Pasaribu, Yudi (2013) PENGARUH MODEL BELAJAR TEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY MODEL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 7 BINJAI T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
061244210052 COVER.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244210052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244210052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244210052 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244210052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244210052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244210052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244210052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244210052 BAB I.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244210052 BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244210052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar selama ini hanya berpusat kepada guru, buku panduan siswa yang sedikit, tidak adanya alat - alat praktikum untuk sebagian besar materi. Proses belajar mengajar fisika di kelas berlangsung dengan mencatat dan mengerjakan soal - soal sehingga hasil belajar siswa selalu rendah. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model belajar temuan terbimbing (guided discovery) terhadap hasil belajar fisika siswa materi pokok listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 7 Binjai T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Binjai T.P 2012/2013 yang terdiri dari 7 kelas. Sampel diambil dari populasi dengan cara cluster random sampling diperoleh kelas X-6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X-7 sebagai kelas control yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang terdiri dari 5 pilihan. Dari hasil nilai pretes kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 28,17 dan standar deviasi 8,46, sedangkan nilai pretes kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 27,50 dengan standar deviasi 7,74. Hasil uji t dua pihak menunjukkan. thitung = 0,317 dan ttabel = 2,002, sehingga thitung < ttabel maka kemampuan awal untuk kedua kelas sama. Untuk kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model belajar guided discovery diperoleh nilai rata-rata postes 69,33 dan standar deviasi 7,28, sedangkan untuk kelas kontrol yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes 63,50 dengan standar deviasi 8,00. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil uji t dua pihak menunjukkan bahwa thitung = 3,07 dan ttabel = 1,67 pada taraf nyata 0,05 dk = 58 sehingga thitung > ttabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh model belajar guided discovery terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi listrik dinamis di kelas X semester II SMA N.7 Binjai T.P 2012/2013. Besar pengaruh model belajar guided discovery 9,18 % dari 49,21 menjadi 73,17 termasuk katagori cukup baik sebelum melakukan penelitain guided discovery sebaiknya mempersiapkan sekenario belajar terutama media-media dan contoh-contoh yang dapat membangun pemahaman konsep dan asimilasi terhadap konsep yang akan dipelajari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorturnip, Betty M.196301081987032002
Call Number: 537.607 12 Pas p
Keywords: Guided Discovery; Ceramah Diskusi; Aktivitas; Belajar; Hasil Belajar; Listrik; Dinamis; Arus; Rangkaian; Hambatan; Ohm
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10865

Actions (login required)

View Item View Item