PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON

Fauziyah, Afifah (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409331001.COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331001.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331001.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331001.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331001.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331001.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331001.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331001.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331001.BAB I.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331001.BAB V.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331001.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa denganmodel pembelajaran Think Pair Share (TPS) menggunakan media peta konsepdan dengan model pembelajaran konvensional menggunakan peta konsep pada materi pokok hidrokarbon di SMA Negeri 4 Tebing Tinggi pada kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen I yang diberi pengajaran dengan pembelajaran TPS dengan media peta konsep dan kelas eksperimen II yang diberi pengajaran dengan pembelajaran konvensional menggunakan peta konsep. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 22 soal yang telah terujivaliditas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya.Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen I(pembelajaran TPS) adalah 37,18 dan rata-rata pre-test kelas eksperimen II(pembelajaran konvensional) adalah 52,64. Semua data pre-test, post-test dan diperoleh data berdistribusi normal. Data tersebut kemudian diuji homogenitas sehingga diketahui kedua kelas homogen. Setelah diberi perlakuan hasil belajarpada kelas eksperimen I sebesar 78,18 dan pada kelas eksperimen II diperolehrata-rata hasil belajar sebesar 68,75. Dari data tersebut setelah dianalisis, maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I adalah sebesar62,5% dan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen II adalah sebesar33,2%. Sehingga dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran TPS menggunakan media peta konsep memberikan hasil yang tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional menggunakan media peta konsep pada pokok bahasan hidrokarbondi kelas X SMA N 4 Tebing Tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJasmidi, 196511041991031002
Call Number: 547.410 712 Fau p
Keywords: Pembelajaran Kooperatif; TPS; Media; Peta Konsep; Atom Karbon; Hidrokarbon
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10822

Actions (login required)

View Item View Item